Kamis, 26 April 2018

MITIGASI BENCANA ALAM MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DISASTER MITIGATION CARDS UNTUK PELATIHAN KESIAGAAN PADA ANAK – ANAK PEDESAAAN

Mitigasi bencana didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang berupaya untuk mengurangi terjadinya suatu bencana. Adapun menurut keputusan menteri dalam negeri RI no. 131 tahun 2003, mitigasi (diartikan juga sebagai penjinakan) diartikan sebagai upaya dan kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi dan memperkecil akibat-akibat yang ditimbulkan oleh bencana yang meliputi kesiap siagaan dan kewaspadaan. 

Disaster Mitigation Cards adalah sebuah kartu permainan mengenai cara mitigasi bencana yang baik, kartu ini bertujuan memberikan informasi – informasi tentang berbagai bencana alam dan bagaimana cara menangani bencana tersebut. Disaster Mitigation Cards sebagai media pembelajaran yang interaktif untuk anak – anak pedesaan dalam memahami pembelajaran belajar secara edukatif, aktif dan interaktif. Melalui media pembelajaran anak – anak pedesaan jauh lebih mudah menerima informasi mitigasi bencana karena . Asyhar (2012) menyatakan bahwa media visual dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir spesifik serta menanamkan konsep yang benar. Diharapkan dengan adanya kartu permainan Disaster Mitigation Cards ini anak – anak sekolah dasar dapat memahami wawasan penagulagan bencana dengan mudah.dan autentisitas yang tinggi. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana menimbulkan perubahan paradigma penanggulangan bencana yang sangat mendasar. Kegiatan penanggulangan bencana dilaksanakan melalui penetapan kebijakan pembangunanyang beresiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, dan rehabilitasi. Baca lebih lanjut.

Diajukan untuk Mengikuti Kompetisi

NATIONAL ESSAY COMPETITION
PEKAN TEKNOLOGI MINERAL
BALAI PENELITIAN TEKNOLOGI MINERAL- LIPI
2017

oleh : Welno Hedi (INSTITUT PERTANIAN BOGOR)

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer