Minggu, 03 Januari 2021

KERIPIK KULIT PISANG

 

KERIPIK KULIT PISANG (Skinnana)

(Review Karya tulis Business Plan Competition)

By : Diah Pangastuti rahayu


RINGKASAN EKSEKUTIF

  

Skinnana adalah sebuah merk produk makanan yang berbahan kulit pisang dengan memiliki varian rasa pedas berdasarkan level kepedasan. Melihat dari melimpahnya limbah kulit pisang yang berasal dari industri keripik pisang khususnya di provinsi lampung serta minimnya pemanfaatan limbah kulit pisang sehingga memunculkan inovasi untuk memanfaatkan limbah kulit pisang tersebut. Kulit pisang mengandung aktivitas antioksidan yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging buahnya. Aktivitas anti oksidan pada kulit pisang mencapai 94,25% pada konsentrasi 125 mg/ml sedangkan pada daging buah pisang sekitar 70% pada konsentrasi 50 mg/ml.


Tujuan didirikannya Skinnana adalah meningkatkan nilai tambah produk hasil pertanian pisang serta mengajak masyarakat menjadi mitra penjualan keripik kulit pisang melalui pemasaran digital marketing. Strrategi pemasaran produk ini dengan mengadakan sistem reseller serta dilakukan penjualan dengan bantuan teknologi digital seperti shopee, tokopedia, lazada, gojek, dan grab. Khusus di provinsi lampung olahan dari buah pisang banyak dikembangkan tetapi hanya memanfaatkan daging buahnya saja sedangkan bagian kulit pisang tidak dimanfaatkan dan hanya menjadi limbah pertanian. Sehingga belum adanya industri makanan yang memanfaatkan kulit pisang khususnya di provinsi lampung.


Kelebihan dari produk kami adalah menggunakan bahan baku kulit pisang yang memiliki harga jual yang murah sehingga dapat menekan biaya produksi serta memiliki harga produk yang terjangkau. Produk keripik kulit pisang ini mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan, memiliki kemasan yang menarik, serta keunikan karena terdapat variasi rasa pedas berdasarkan level kepedasan. Kelemahan dari produk ini adalah kesulitan dalam meyakinkan masyarakat bahwa kulit pisang memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan serta keripik kulit pisang memiliki rasa yang tak kalah enak dengan cemilan lainnya. Keripik kulit pisang KUPI ini dikemas dalam kemasan dengan berat bersih 125 gram yang dijual dengan harga Rp.10.000 per kemasan. Usaha ini dijalankan dengan modal mandiri dengan total pendapatan bersih selama satu bulan sebesar Rp. 1574.150,00.




(a)

(b)

Gambar 2. Kemasan produk KUPI “Skinnana”

Keterangan : (a) gambar desain kemasan bagian depan. (b) gambar desain kemasan bagian belakang







0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer